Panduan Komuter Bagi Anak Kost Urban Jakarta | E-money, MRT Jakarta, Busway, dll

MRT Jakarta Bundaran HI

Bepergian dalam Jakarta dengan transportasi umum dapat menjadi tantangan, terutama bagi para komuter baru. Namun, jika Anda tahu trik yang tepat, melakukan perjalanan di Jakarta sebenarnya cukup mudah dan nyaman. Tidak hanya di Jakarta, jaringan transportasi umum yang luas juga menjangkau kota-kota di sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor.


Apa itu e-money?

Pertama-tama, jika Anda menggunakan transportasi umum di Jakarta dan sekitarnya, pastikan Anda memiliki e-money sendiri. E-money merupakan penyimpan nilai uang elektronik pada perangkat teknis, dalam hal ini kartu yang dapat digunakan secara luas untuk melakukan pembayaran. Ada banyak pilihan untuk e-money: 

  1. Mandiri E-Money
  2. BRI Brizzi, 
  3. BNI TapCash, 
  4.  BCA Flazz. 

Untuk mendapatkan salah satunya, Anda dapat mengunjungi bank lokal Anda dan memintanya!

Toserba seperti Indomart, Alfamart, Lawson, atau Family Mart biasanya juga menjual salah satu e-money card ini. Namun sebelum dapat menggunakannya, pastikan Anda telah menambah saldo. Ini dapat dilakukan di stasiun transportasi umum itu sendiri atau, untuk menghemat waktu Anda dari antrian, lakukan melalui aplikasi perbankan seluler, toko serba ada, atau mesin ATM Anda.

Bagi mereka yang bepergian setiap hari, kami sarankan untuk mengisi ulang setoran awal di kartu e-money Anda. Selanjutnya, kami menyarankan Anda untuk melakukan riset sendiri di internet sebelum bepergian. Peta dan rambu di stasiun transportasi umum bisa membingungkan; Hanya sedikit dari tanda yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Ada banyak transportasi umum di seluruh Jakarta; Beberapa terhubung secara luas di luar kota, sementara beberapa hanya memiliki jangkauan kecamatan yang terbatas. Melalui artikel ini, kami akan membahas lebih dalam tentang transportasi umum Jakarta untuk memastikan Anda mengetahui jalan keluar masuk kota. 

Di bawah ini adalah 5 jenis angkutan umum yang pasti akan berguna bagi Anda dalam perjalanan di Jakarta.


MRT Jakarta (Jakarta Metro Mass Rapid Transit)

MRT Jakarta Bundaran HI

MRT Jakarta mulai beroperasi pada Maret 2019. Sejauh ini, ini adalah transportasi umum terbaru dan mungkin tercanggih di seluruh Indonesia. Angkutan umum ini dulu dan masih sangat dinantikan oleh para komuter di seluruh Jakarta. Saat ini, jalur MRT Jakarta sejauh 16 km, yang disebut Jalur M1 Utara-Selatan, hanya menghubungkan Jakarta Pusat dan Selatan. Rute ini terdiri dari 13 stasiun, 7 stasiun Selatan di atas tanah dan 6 stasiun Utara yang dibangun di bawah tanah di seluruh kawasan pusat bisnis Jakarta.

MRT mulai beroperasi dari jam 5 pagi hingga 10 malam setiap hari. Interval waktu tiap MRT adalah 5 menit pada jam sibuk (06.00 - 09.00 dan 16.00 - 17.00) dan 10 menit di luar jam sibuk. Selain itu, Tarifnya berbeda-beda tergantung jarak perjalanan Anda, mulai dari Rp 3.000 hingga 14.000 per perjalanan. Anda bisa menggunakan MRT Single Trip Card, MRT Multi-Trip Card, atau e-money. Anda dapat membeli kartu MRT yang dipersonalisasi di stasiun - tetapi hati-hati terhadap antrian panjang, terutama selama jam sibuk.

baca juga: Alasan Untuk Pindah Ke Kost Dengan Lokasi Premium Di Sentral Bisnis Distrik Segitiga Emas Jakarta Pusat


Jakarta Airport Railink (Stasiun Kereta Bandara Internasional Soekarno Hatta)

Kereta Bandara Stasiun BNI City Jakarta Pusat




Railink Bandara Jakarta atau Kereta Bandara adalah transportasi umum baru lainnya yang menghubungkan penumpang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Jakarta Pusat, dan sebaliknya. Transportasi canggih ini dulu dan masih sangat dinantikan oleh masyarakat. Lalu lintas ke dan dari bandara Internasional Soekarno Hatta rawan dengan kemacetan dan ini bisa sangat berdampak buruk jika anda ingin mengejar pesawat, sehingga membuat Kereta Bandara ini cukup diminati banyak orang.

Diperlukan waktu sekitar 40 hingga 50 menit untuk menempuh perjalanan antara titik awal (Bandara dan Stasiun BNI City, Jakarta Pusat). Saat ini ada 3 stasiun lagi yang bisa dijangkau dengan kereta ini: Stasiun Batu Ceper, Duri dan Manggarai. Untuk tiketnya, Anda bisa membelinya di stasiun seharga Rp 70.000 sekali perjalanan - cukup mahal, tapi sepadan dengan kenyamanannya dan dijamin anda tidak akan terjebak dengan kemacetan. Selain itu, setiba anda di Airport Bandara, anda tinggal meneruskan dengan mudah menggunakan Skytrain atau Kalayang yang dapat membawa anda menuju berbagai terminal bandara secara cepat.

Pusat Jakarta Airport Railink berada di Stasiun BNI City di perbatasan antara Thamrin dan Sudirman. Dari Kost Under The Star Fruit Tree, dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi ojol atau taksi hanya 5 menit saja. Cukup strategis bukan?


KRL Commuter Line

KRL Commuter Line Jakarta Gambir



KRL Commuter Line adalah sistem kereta komuter di Jakarta yang menghubungkan secara ekstensif ke kota-kota sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sangat terjangkau (Rp 3.000 - 15.000) dan sangat populer, dengan hampir 1 juta komuter di tahun 2019 saja. Sistem kereta ini terdiri dari 6 jalur dengan 80 stasiun. Anda dapat dengan mudah mengakses rute dari google. Anda dapat menggunakan kartu multi-trip atau daily-trip yang dapat Anda beli di stasiun, atau bahkan menggunakan kartu e-money Anda juga. Dalam menggunakan kereta, Anda harus berhati-hati terhadap jam sibuk karena bisa jadi sangat padat.

Stasiun KRL Commuter Line terdekat dengan KostThamrin atau Kost Kebon Kacang adalah stasiun KRL Tanah Abang dan Stasiun KRL Sudirman.




Bis Umum Transjakarta atau Busway

Bus Gratis Transjakarta GR1 Thamrin Sudirman



TransJakarta adalah sistem bus transit tersebar luas yang telah beroperasi di Jakarta sejak tahun 2004. Sistem ini diklaim sebagai salah satu sistem bus terpanjang di dunia. Saat ini, Transjakarta terdiri dari 13 jalur utama dengan 10 koridor silang yang membentang sepanjang 230 km. Durasi perjalanan diharapkan menjadi yang tercepat dengan bus karena TransJakarta memiliki jalur yang terpisah dari mobil. Namun, mungkin ada kendaraan yang secara ilegal akan mengambil jalur bus dan memperlambat pengoperasian bus, tetapi pengawasan ketat telah dilakukan dari waktu ke waktu oleh polisi untuk menghindari masalah ini.

Bus TransJakarta juga merupakan angkutan umum yang relatif terjangkau dengan tarif mulai dari Rp 1.000 hingga 3.500. Namun, pastikan Anda memiliki kartu e-money sendiri sebelum naik ke halte karena tidak ada loket tiket yang tersedia.

Terdapat pula bus Transjakarta gratis berkode GR1 yang berhenti di Bundaran HI. Rute bis gratis ini haya keliling area Harmoni – Patung Senayan, khusus melayani para pekerja yang bekerja di sekitaran Sudirman, HI, dan Thamrin. Hanya tersedia di jam kerja mulai pagi hingga malam. Dari Kost Kebon kacang, bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena lokasi pemberhentian persis bersebelahan dengan Stasiun MRT Bundaran HI atau depan Hotel Pullman.



Gojek (Ojek Online)

Aplikasi berbagi tumpangan mungkin adalah transportasi umum paling trending di Jakarta. Mereka tidak hanya membawa Anda ke tujuan yang tepat tetapi sebagian besar waktu, mereka datang dengan diskon dan promosi yang membuat perjalanan Anda jauh lebih nyaman. Saat ini terdapat dua perusahaan ride sharing di Jakarta; Go-Jek dan Grab. Platform ini sangat populer untuk komuter lokal dan ekspatriat di Jakarta.

Kedua platform tersebut menawarkan pengendara mobil dan sepeda motor, dan mereka juga menawarkan kisaran harga yang berbeda untuk setiap kendaraan. Harganya sangat bergantung pada jam dan jarak perjalanan Anda, tetapi Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu dari aplikasi. Pastikan Anda menyegarkan aplikasi untuk mendapatkan harga terbaru. Jika Anda bepergian dengan sepeda motor, pengemudi dengan prosedur standar akan menawarkan helm dan topi rambut untuk tujuan keamanan dan kenyamanan.





Postingan Populer